ustads

KECERDASAN FINACIAL
Oleh  : H. M. Sofwan Jauhari  M.Ag.
Dosen STIU Dirosat Islamiyah Al-Hikmah Jakarta



08. MINTA TAPI BUKAN MINTA-MINTA.

Print
Created on Tuesday, 17 June 2014

08. MINTA TAPI BUKAN MINTA-MINTA.

Serial : “Rahasia Gampang Mencari Uang”. 08

Dalam suatu seminar saya mengatakan kepada para audiens agar mereka berani untuk meminta, mengajukan permohonan ataupun negosiasi kepada mitra bisnis. Contohnya adalah iuran tahunan kartu kredit. Jika anda memiliki kartu kredit yang diterbitkan oleh suatu bank, maka bank akan meminta kepada anda untuk mmembayar iuran tahunan yang besarnya bervariasi, biasanya sekitar Rp 300.000 - 700.000/tahun. Bayangkan jika anda memiliki 5 kartu kredit berapa yang harus anda bayarkan kepada bank?. Maka saya mengajak mereka untuk memberanikan diri meminta kepada bank agar dibebaskan dari iuran tahunan. Banyak diantara peserta seminar yang kurang atau bahkan tidak percaya bahwa permintaan seperti ini akan diterima, padahal saya telah memiliki lebih dari 5 kartu kredit dan saya selalu minta agar dibebaskan dari iuran tahunan, dan ternyata semuanya menerima permintaan saya.

Contoh lainnya, saya juga mengatakan bahwa jika kita bermaksud membeli properti dengan cara kredit, biasanya penjual/pengembang akan meminta pembayaran DP. Sekali lagi saya katakan beranikan diri untuk meminta, cobalah untuk meminta agar anda bisa membeli tanpa DP. Ternyata banyak peserta seminar yang kaget, padahal lebih dari 3 kali saya telah melakukan hal itu, membeli properti tanpa DP karena saya minta kepada penjual.

Dalam negosisasi bisnis, kaidah yang berlaku adalah win win solution. Karena itulah maka sebagai pebisnis kita tidak boleh minder. Kita harus memiliki harga diri dan merasa memiliki bargaining power atau kekuatan tawar. Agar tawaran yang kita inginkan diterima oleh mitra bisnis, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah meminta kepada mitra bisnis anda, jika permintaan atau tawaran anda diterima maka beruntunglah anda, jika tidak diterima anda bisa mencari mitra bisnis yang lain, toh di dunia ini masih banyak manusia yang bisa anda jadikan sebagai mitra bisnis. Maka mintalah, tidak ada salahnya anda mengajukan permintaan dalam suatu kerjasama bisnis.

Permintaan yang saya maksudkan di sini bukanlah mengemis harta orang lain yang justru akan merendahkan diri anda, permintaan yang saya maksud adalah permintaan yang menjadi hak anda sebagai pembeli, pebisnis, mitra bisnis atau sejenisnya yang sebenarnya anda memang berhak mengajukan permintaan itu.

Selain meminta sesuatu yang menjadi hak anda kepada orang lain, hal yang lebih penting adalah anda juga harus meminta kepada Tuhan anda, Dia-lah yang memiliki segalanya, sebagai seorang hamba anda memiliki hak bahkan kewajiban untuk meminta kepada Tuhan anda. Apapun yang anda inginkan, kecil ataupun besar, mudah ataupun susah, dalam batas kemampuan anda ataupun tidak, jika itu merupakan sesuatu yang menjadi kebutuhan anda, yang menurut perkiraan anda bisa menjadikan anda bahagia, yang menjadikan anda dapat melaksanakan tugas anda dengan baik, maka mintalah kepada Tuhan, jangan takut untuk meminta.

Oleh karena itulah jika anda ingin menjadi money magnet, anda ingin uang datang kepada anda secara berbondong-bondng, maka anda harus banyak minta kepada Tuhan dan perjelas permintaan anda. Jangan hanya meminta secara global tapi sebutkan secara rinci apa yang anda minta kepada-NYA. Sebagai contohnya, jika anda sudah menikah dan belum memiliki rumah maka mintalah kepada Tuhan agar diberikan kemampun untuk membeli rumah pada tahun sekian. Sebutkan juga di mana rumah yang yang anda inginkan, cari dan temukan rumah yang anda inginkan itu dan sebut dalam permintaan anda kepada Tuhan agar rumah itu bisa menjadi milik anda. Jangan ragu dengan kemampun anda sendiri, karena anda tidak seorang diri di dunia ini. Anda adalah hamba Tuhan yang Maha Kaya, Tuhan bisa melakukan apa saja yang diinginkan, Tuhan bisa memberikan apa saja yang anda minta.

Dalam agama Islam, meminta kepada Tuhan disebut dengan doa, agar doa itu dikabulkan maka anda harus memenuhi syarat-sayarat berdoa. Ibarat mengajukan suatu proposal, maka agar proposal anda diterima, maka anda harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Selain syarat dan ketentuan, waktu untuk mengajukan proposal pada umumnya juga sudah ditentukan.

Dalam agama Islam, waktu berdoa yang mustajab telah dijelaskan oleh rasulullah saw, bahkan tempat-tempat yang mustajab juga sudah dijelaskan. Pelajarilah ketentuan tentang doa jika anda ingin doa anda diterima oleh Tuhan.

Anda harus berani minta apapun yang menjadi kebutuhan dan keinginan anda. Jika anda ingin pergi ke tanah suci maka mintalah kepada Nya, karena Tuhan pasti bisa memberangkatkan diri anda ke sana. Anda jangan berpikir kepada kelemahan anda tetapi fokuslah pada kelebihan yang ada, mungkin anda tidak tahu caranya bagaimana anda akan berangkat ke tanah suci, yang penting adalah minta, baru setelah itu tentukan dengan jelas permintaan anda. Kapan anda ingin ke tanah suci, dengan siapa anda berangkat ke tanah suci. Apa yang anda lakukan di tanah suci….

Jika anda ingin menjadi seorang miliarder, maka tentukan berapa asset yang ingin anda miliki, kapan anda ingin mendapatkannya, bagaimana anda memanfaatkannya, siapa saja yang akan terlibat menikmati asset anda itu, berapa yang akan anda infakkan, ke lembaga mana saja anda akan berinfak, berikan gambaran yang jelas tentang semua itu…dan teruslah meminta kepada Tuhan, anda tidak harus tahu lebih dahulu bagaimana cara untuk mendapatkannya yang penting anda harus meminta…..

Jika anda meminta kepada Tuhan, anda juga harus meminta dukungan.dari orang lain, .jangan sampai anda meminta sesuatu tetapi pasangan anda malah meminta sesuatu yang lain, jangan jadikan Tuhan “bingung” untuk menerima permintaan anda dan permintaan pasangan anda yang mungkin berbeda. Buatlah permintaan yang seragam kepada Tuhan agar permintaan anda tidak “membingungkan” Tuhan. Tidak cukup hanya kepada pasangan anda, tetapi anda juga harus meminta kepada orang tua anda, agar permintaan anda, pasangan anda, dan orang tua anda semuanya adalah sama. Jika ini yang terjadi maka Insyaallah permintaan anda akan lebih mudah untuk dikabulkan. Allah swt berfirman : “ Mintalah kepada-KU maka AKU akan kabulkan kalian.” (QS 40:60).

Selamat meminta……




©2010 STIU Dirasat Al Hikmah
Jl. Bangka III A No.25 Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Indonesia