ustads

KECERDASAN FINACIAL
Oleh  : H. M. Sofwan Jauhari  M.Ag.
Dosen STIU Dirosat Islamiyah Al-Hikmah Jakarta



06.BAHAGIAKAN IBU DAN AYAH,

Print
Created on Monday, 02 June 2014

06.BAHAGIAKAN IBU DAN AYAH,

DOA & KERELAANNYA AKAN MEMUDAHKAN REZEKI ANDA.

Serial : “Rahasia Gampang Mencari Uang”. 06

 

Ayah dan ibu adalah orang yang paling berjasa bagi kelahiran dan kehidupan anda di dunia. Tak ada seorang manusia yang terlahir dan berada di dunia ini tanpa jerih payah dan jasa orangtua (kecual nabi Adam as). Siapapun orang tua yang telah menjadi sebab kelahiran anda di dunia ini, dari suku,bangsa dan negara mana beliau lahir dan dibesarkan, agama apapun yang dianutnya, ayah dan ibu adalah dua sosok manusia yang wajib kita muliakan. Semua perbedaan tidak boleh menjadikan anda merendahkan keduanya, apalagi hanya karena kondisi fisik dan ekonominya, separah apapun kondisi ayah dan ibu kita, kita wajib menghormati, memuliakan dan berusaha untuk membahagiakan mereka. Berbakti kepada kedua orang tua adalah kewajiban setiap ummat beragama, terlebih dalam agama Islam.

 

Jika saat ini anda masih tinggal bersamanya, bantulah pekerjaannya, taatilah perintahnya, turutilah kemauannya, dan bahagiakanlah beliau dengan memenuhi kebutuhan dan keinginannya selama apa yang beliau inginkan adalah bukan hal yang terlarang atau melanggar hukum. Ketika anda hendak berangkat sekolah, kuliah atau bekerja sempatkanlah untuk pamit dan mencium kedua tangannya. Di saat anda pulang kembali ke rumah, ucapkan salam dan cium kembai kedua tangannya, syukur jika anda bisa membawakan sekedar oleh-oleh atau barang-barang yang menjadi kebutuhan ataupun kesenangannya.

Anda yang belum menikah, ketika hendak menentukan pilihan pasangan hidup, mintalah pendapat dan restunya, ketika hendak menikah mintalah saran, restu dan doa dari keduanya. Mintalah doa agar rumah tangga anda diberkahi oleh Tuhan. Belajarlah dari perjalanan hidup orang tua anda, raihlah kesuksesan untuk membahagiakan keduanya.

Apabila kedua orang tua kita telah memasuki usia senja, dan mungkin sebagian fisiknya tidak dapat berfungsi dengan sempurna, termasuk pendengarannya, maka janganlah anda membentaknya, apalagi mengucapkan kata-kata kasar kepada ayah dan ibu anda. Anda harus tetap bertutur kata yang sopan, lemah lembut dan tetap menghargai kedua orang tua anda. Anda boleh bersuara keras agar beliau mendengar suara anda, tetapi bukan membentaknya.

Bagi anda yang beragama Islam, ingatlah kisah nabi Ibrahim a.s ketika masih remaja dan hidup bersama ayahnya yang berbeda agama. Meskipun keduanya berbeda agama, nabi Ibrahim tetap hidup bersama ayahnya dalam satu rumah, dan beliau tetap bergaul dengannya penuh penghormatan dan ketaatan terhadap ayahnya.

Banyak sekali kasus dan cerita yang saya tahu, bagaimana orang-orang yang membahagiakan kedua orang tuanya mendapatkan kehidupan yang bahagia dan sejahtera, Allah maha Adil dalam memberikan balasan kepada setiap hamba-Nya.   Begitu juga sebaliknya, telah banyak juga kasus dan cerita orang-orang yang durhaka keoada kedua orang tuanya maka Tuhan membalasnya dengan kehidupan yang berada di dalam jurang kehancuran dan kebinasaan.

Oleh sebab itulah, jika anda ingin menjadi money magnet, rezeki anda berdatangan dengan mudah dan berlimpah, satu hal yang harus anda lakukan adalah membahagiakan kedua orang tua anda. Dengan membahagiakan keduanya maka anda pun akan meraih kebahagiaan. Tatkala ayah dan ibu anda telah merasa puas dengan tindakan dan perlakuan anda kepada keduanya, maka anda akan dapat meminta doa dari keduanya dengan mudah, bahkan tanpa anda mintapun, kedua orang tua anda dengan sendirinya akan berdoa untuk kebahagiaan dan keberlimpahan rezeki anda.

Sebagai rasa syukur saya kepada Allah swt, ketika saya remaja dan sampai saat ini ketika artikel ini saya tulis, saya merasakan betul bahwa doa almarhumah ibu saya ketika masih hidup, dan juga doa ayah saya -yang Alhamdulillah masih hidup saat artikel ini saya tulis- sangat membantu kelancaran rezeki saya. Saya selalu berusaha untuk mentaati dan menuruti keinginan ayah dan ibu saya walaupun terkadang hal itu tidak sesuai dengan selera dan keinginan saya sebagai anak remaja. Saya berusaha membahagiakannya meskipun terkadang saya juga gagal melakukannya. Maha suci Allah yang Maha Pengasih, ayah dan ibu saya telah memberikan doanya yang terbaik, terimakasih ayah, terimakasih ibu.

Di luar sana, saya mengenal beberapa orang yang dia tidak berbuat baik terhadap kedua orang tuanya, mereka banyak mendapatkan teguran dari Allah swt, kehidupan rumah tangganya berantakan, karirnya terhambat, kehidupan ekonominya juga sulit.

Mengapa hal ini terjadi? Rasulullah saw menjelaskan bahwa doa orang tua adalah merupakan salah satu doa yang mustajab. Doa orang tua kepada anaknya merupakan doa yang sangat besar kemungkinannya untuk dikabulkan oleh Allah swt. Oleh karena itu Anda harus sering meminta kepada ayah dan ibu untuk berdoa agar rezeki anda lancar. Anda harus selalu minta agar usaha anda dimudahkan, mintalah agar beliau berdoa untuk kesuksesan karir dan usaha anda. Supaya beliau selalu semangat dan tidak lupa mendoakan anda maka tidak ada salahnya jika anda memberikan apresiasi dengan cara menghadiahkan sesuatu yang membuat keduanya senang dengan anda.

Rasulullah saw bersabda :

صحيح ابن حبان - مخرجا (6/ 416(

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، أَنَّهُ قَالَ: «ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَا شَكَّ فِيهِنَّ: دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ، وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ، وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ عَلَى وَلَدِهِ

Dari Abu Hurairah ra, dari Rasulullah saw bersabda : Ada tiga doa yang mustajab tanpa keraguan sedikitpun, yaitu : (1) Doa orang yang teraniaya, (2) doa orang yang musafir (bepergian jauh untuk kebaikan) dan (3) doa orang tua terhadap anaknya. HR Ibnu Hibban. [1]

Selain hadits, Al-Quran sebagai dasar utama ajaran Islam juga telah mewajibkan agar kita berbuat baik kepada ayah dan ibu, seperti dalam QS 17:23; 6:151; 4:36 dan 2:83. Rasulullah saw juga menjelaskan bahwa ridlo Allah terletak pada ridlo kedua orang tua kita, jika kita membahagiakan kedua orangtua kita maka Allah akan ridlo, dan jika Allah telah meridloi kita, Allah senang dengan kita maka apapun yang kita minta kepadaNya Insyallah akan mudah dikabullkan. Dalam artikel yang lain,saya jelaskan bahwa Allah akan membantu hambaNya jika hamba itu membantu orang lain. Apalagi jika jika “orang lain” yang kita bantu dan kita bahagiakan adalah orang tua kita sendiri.

Maka bahagiakan kedua orang tua anda, dengan atau tanpa permintaan anda kedua orang tua anda akan berdoa kepada Tuhan untuk kemakmuran anda, doa ayah dan ibu anda adalah doa yang terkabul, dengan doa kedua orang tua anda maka rezeki akan mengejar-ngejar anda sesuai janji yang disampaikan oleh rasulllah sww. Setelah anda baca tulisan ini saya minta agar anda segera menelpon, mengunjungi dan membawa sesuatu yang menyenangkan orang tua anda, dan mintalah doa dari keduanya, maka rezeki akan mengejar anda, Insyaallah anda akan menjadi   money magnet. Janji Allah pasti benar, karena Tuhan tidak pernah dusta. Maha suci Allah. Aamin.

 


[1] HR Ibnu Hibban dalam kita Sohih Ibnu Hibban, Muhammad bin Hibban bin Ahmad (wafat 354 H), editor Syuaib al-arnauth, Ar-Risaalah, Beirut, Cet II, 1993. Hadits ke 2699. HAdits ini juga terdapat dalam kitab lain seperti : Sunan Abu Daud, Musnad Imam Ahamd bin HAnbal, dan Sunan Tirmidzi.




©2010 STIU Dirasat Al Hikmah
Jl. Bangka III A No.25 Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Indonesia