ustads

KECERDASAN FINACIAL
Oleh  : H. M. Sofwan Jauhari  M.Ag.
Dosen STIU Dirosat Islamiyah Al-Hikmah Jakarta



05. PERCAYALAH BAHWA UANG ITU AKAN DATANG KEPADA ANDA

Print
Created on Monday, 26 May 2014

05. PERCAYALAH BAHWA

UANG ITU AKAN DATANG KEPADA ANDA

Serial : “Rahasia Gampang Mencari Uang”. 05

Diantara hal yang bisa menjadikan diri anda menjadi money magnet adalah bahwa anda harus percaya. Yang paling pertama Anda harus percayai adalah bahwa Tuhan itu ada, percaya bahwa Tuhan Maha Kaya dan Tuhan Maha Memberi. Selain itu anda juga wajib percaya bahwa Tuhan tidak pernah menginginkan hamba-Nya sengsara dan menderita. Tuhan tidak menginginkan kita hidup menderita. Percayalah bahwa Tuhan ingin agar kita bahagia. Tuhan telah mengajarkan kepada kita bagaimana

kebahagiaan itu dapat kita capai. Anda harus husnudz dzon atau berbaik sangka dan percaya sepenuhnya bahwa Tuhan akan memperlakukan anda dengan baik, Percayalah bahwa Tuhan tidak akan menelantarkan hamba-Nya, termasuk diri anda. Jika anda belum mendapatkan kebahagiaan, jika anda belum mendapatkan kekayaan yang DIA miliki, jika anda belum memperoleh rezeki yang ada dalam kekuasaan-NYA, jika anda sulit mendapatkan uang yang menjadi kebutuhan anda, padahal anda percaya dan yakin 100% bahwa DIA memiliki, maha memberi dan Maha Tahu dengan kebutuhan anda maka kewajiban anda adalah MEMINTA kepada-Nya.

Ketika anda meminta kepada Tuhan, percayalah bahwa Dia pasti mampu untuk memberikan atau mengabulkan permintaan anda. Percayalah Tuhan pasti mendengarkan apa yang anda minta. Jangan sekali-kali berburuk sangka kepada-Nya, jangan pernah berkata bahwa Tuhan tidak akan mendengar dan mengabulkan permintaan anda. Jika anda berkata atau percaya bahwa Tuhan akan memberi anda, maka kemungkinan terbesarnya Tuhan benar-benar akan memberikan kepada anda, sebaliknya jika anda yakin dan percaya bahwa Tuhan tidak akan memberikan sesuatu yang anda minta maka Tuhan benar-benar tidak akan memberikan yang anda minta, karena Tuhan akan memperlakukan hamba-Nya sesuai prasangka hamba kepada-Nya. Maka Janganlah sekali-kali anda mengucapkan Tuhan tidak akan mengabulkan doa anda.

Dalam agama Islam jika anda menginginkan balasan yang baik dari Tuhan, maka anda harus beriman terhadap semua kebaikan Tuhan. Jika anda menginginkan surga di sisi Tuhan, maka syarat pertama adalah anda harus beriman kepada Tuhan dan kepada surga yang diciptakan oleh Tuhan. Bagaimana mungkin anda akan mendapatkan surga jika anda tidak percaya kepada surga??? Adalah mustahil bagi anda untuk mendapatkan kebaikan dari Tuhan jika anda tidak percaya bahwa Tuhan anda adalah Tuhan yang baik. Adalah sulit bagi anda untuk mendapatkan rezeki jika anda tidak percaya bahwa rezeki anda memang telah disiapkan oleh Tuhan.   Bukankah Allah telah menjamin untuk memberikan rezeki kepada setiap mahluknya yang berjalan di atas buki ini?? (QS 6:38) Akan sulit bagi anda untuk mendapatkan uang jika anda sendiri tidak yakin bahwa uang itu ada untuk anda. Sulit bagi anda untuk menjadi kaya jika anda sendiri tidak yakin dan percaya bahwa anda bisa menjadi orang kaya. Sekali lagi kata kuncinya adalah PERCAYA, believe atau beriman. Dan Iman adalah kepercayaan yang dibuktikan dengan tindakan.

Dalam Al-Quran surat Al-Ashr (surat ke 103) Allah swt memastikan bahwa semua orang itu akan merugi kecuali yang melakukan 3 hal yaitu : Beriman, beramal saleh dan saling menasehati. Dalam bahasa mahkuk, saya mengungkapkan bahwa, setiap orang yang ingin sukses dan kaya raya, memiliki uang yang banyak, sukses dalam mencari dan mengumpulkan kekayaan yang halal dan membawa kebaikan di dunia dan di akhirat maka diwajibkan memenuhi 3 hal :

  1. Dia harus percaya bahwa dirinya berbakat untuk menjadi kaya, percaya bahwa dirinya pantas menjadi orang kaya, dia percaya bahwa dia dapat menghasilkan uang yang banyak dan halal, percaya bahwa mencari uang itu tidak susah, percaya bahwa uang akan datang kepada dirinya jika ia minta kepada Tuhan. Dia juga percaya bahwa permintaan kepada Tuhan pasti akan dikabulkan, percaya bahwa permintaan yang dikabulkan harus memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh Tuhan, dan diantara syarat terkabulnya permintaan kita kepada Tuhan adalah jika permintaan itu kita tindak lanjuti dengan amal saleh atau take action.
  2. Take action; meminta kepada Tuhan adalah suatu keharusan, tetapi meminta saja tanpa melakukan action adalah gila. Meminta tanpa melakukan action disebut OMDO alias omong doang !!! coba anda berkata: “Saya lapar dan saya akan makan yang banyak agar kenyang”. Coba ucapkan kalimat itu 100.000 kali atau lebih dan jangan menyentuh makanan, apa yang terjadi pada diri anda? Orang akan bilang anda gila !! dan mungkin anda benar-benar gila.

Tuhan mewajibkan kepada kita untuk take action, dan action yang kita lakukan juga tidak boleh sekedar action tetapi action atau tindakan yang kita lakukan harus seperti yang saya jelaskan dalam artikel lain, yaitu kita harus melakukan action yang terbaik. Kita harus selalu memberikan yang terbaik untuk diri kita sendiri, untuk orang lain. Kita harus memberikan yang terbaik semaksimal mungkin kepada siapapun, apalagi ketika melakukan ibadah kepada Tuhan, ibadah yang kita lakukan harus kita kerjakan secara maksimal dan yang terbaik.

  1. Saling menasehati. Kata saling menasehati berarti terjadi antara dua orang atau lebih. Agar diri anda menjadi money magnet dan dapat menarik semua rezeki yang sudah disiapkan oleh Tuhan di alam semesta ini maka anda harus memiliki teman atau mitra, anda harus memperbanyak jaringan, perbanyak silaturrahim. Silaturrahim yang anda lakukan harus produktif, bukan sekedar kumpul-kumpul dan ngobrol-ngobrol kesana kemari tanpa judul yang jelas. Lakukan silaturrahim dan berdiskusilah dengan teman anda, diskusi itu adalah bagian dari pekerjaan saling menasehati. Diskusilah tentang kebenaran dan kesabaran. Bagaimana mendapatkan uang dengan cara yang benar dan bagaimana kita sabar dalam mengelola usaha.

Kita adalah manusia yang merupakan mahluk social, tidak bisa hidup egois, kita harus bergaul dan saling memberikan masukan. Saling menasehati juga berarti berbagi ilmu dengan orang lain, jangan malas belajar dan jangan pelit dengan ilmu yang anda miliki. jika anda berhenti belajar maka anda akan menjadi seorang gagal dan bodoh. Jika anda tidak mau belajar ilmu agama maka anda tidak akan paham dengan agama anda dan sulit mendapatkan derajat yang tinggi di sisi Tuhan. Dan jika anda tidak mau belajar bagaiman mencari, mengelola dan mengmbangkan uang dengan benar maka anda juga akan menjadi orang gagal dan sulit (bodoh) untuk mendapatkan uang.

Mulailah dengan KEPERCAYAAN bahwa rezeki itu akan datang, MINTALAH kepada Tuhan agar keprcayaan anda terwujud dengan ACTION yang anda lakukan, lakukan action YANG TERBAIK, bukan sekedar action. BERBAGI ilmu adalah kunci agar anda dapat melakukan YANG TERBAIK. Wallahu a’lam.




©2010 STIU Dirasat Al Hikmah
Jl. Bangka III A No.25 Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Indonesia