ustads

KECERDASAN FINACIAL
Oleh  : H. M. Sofwan Jauhari  M.Ag.
Dosen STIU Dirosat Islamiyah Al-Hikmah Jakarta



04. BANTULAH ORANG LAIN, UANG AKAN DATANG KEPADA ANDA.

Print
Created on Monday, 19 May 2014

04. BANTULAH ORANG LAIN, UANG AKAN DATANG KEPADA ANDA.

Serial : “Rahasia Gampang Mencari Uang”. 04.

Rezeki anda adalah semua hal yang bermanafaat bagi anda. Rezeki bukan hanya uang atau harta benda saja, tetapi segala sesuatu yang membawa manfaat bagi diri anda. Jika uang yang anda miliki menjadikan diri hidup tenang, bermanfaat bagi orang lain dan mendapatkan banyak pahala di sisi Allah maka uang itu adalah rezeki bagi anda, tetapi jika uang yang anda miliki menjadikan diri anda bingung, merasa tidak aman, tertekan, stress dan terancam, serta menjadikan diri anda dirampok, dibunuh atau sebab kebinasaan diri anda, maka uang tersebut bukanlah rezeki bagi anda.

Jika anda memiliki seorang kekasih, ketika anda mendapatkan kiriman, bingkisan atau hadiah berupa makanan darinya boleh jadi itu akan anda anggap sebagai suatu kenikmatan, tapi apalah artinya jika anda mendapat kiriman tersebut tetapi anda tidak pernah diijinkan untuk berada di dekat sang kekasih? Mana yang lebih nikmat menurut anda, diijinkan duduk di dekat kekasih, memandangnya, memegangnya dan melakukan apa saja dengan kekasih walaupun tidak diberi bingkisan ataukah mendapatkan bingkisan tetapi tidak boleh melihat, mendekat apalagi memegang dan merabanya. Hadiah terindah dari seorang kekasih adalah mana kala kita halal/ dijinkan melakukan apa saja dengan kekasih kita. Apalagi...

jika kekasih kita adalah Tuhan Yang Maha Kasih dan Kaya.

Tuhan yang Maha Kasih telah mengutus seorang kekasih, yaitu Rasulullah Muhammad saw, seorang rasulullah yang penuh dengan kasih terhadap ummatnya. (roufun rahiim)[1]. Oleh karena itulah maka agar kita bisa dekat dengan Tuhan Yang Maha Kasih, cara termudah untuk mendekatkan diri kepadaNya adalah mengikuti cara hidup yang diajarkan oleh beliau sebagai kekasih-Nya. Diantara jalan untuk mendekatkan kepadaNya adalah menolong hamba-Nya, karena Allah swt akan menolong seorang hamba, selama hamba itu menolong saudaranya.[2] Demikian pesan sebuah hadits nabi.

Bagi saya, uang adalah rezeki jika uang dapat memberikan manfaat bagi diri saya di dunia atau akhirat. Bagi saya rezeki bisa berupa badan yang sehat, rasa aman, tidur nyenyak, makan enak, banyak teman, disukai dan dipercaya banyak orang, bisa berkumpul dengan teman dan keluarga. Rezeki terbesar adalah ketika saya dan anda telah menjadi seorang manusia yang dekat dengan Tuhan. Dan termasuk rezeki adalah ketika kita bisa membantu dan membahagiakan orang lain.

Dalam kenyataannya, pada umumnya rezeki kita itu diberikan oleh Allah melalui orang-orang yang ada di sekitar kita atau orang yang mengenal kita. Jika kita menjadi orang yang baik, maka akan banyak orang yang mau mendekat dan bersahabat dengan kita. Makin banyak orang atau sahabat yang mendapatkan manfaat dari kita maka makin banyak orang yang mengenal kebaikan kita. Makin banyak orang yang mengenal kita maka makin banyak orang-orang yang menjadi sarana Tuhan dalam mengantarkan rezeki kepada kita. Ingat pesan nabi di atas : Tuhan akan membantu hamba-Nya, jika hamba-Nya membantu hamba-Nya yang lain.

Oleh sebab itu, jika anda ingin menjadi money magnet, anda meinginkan agar uang datang kepada anda, maka anda harus banyak membantu orang lain. Pikiran anda harus selalu dipenuhi dengan ide-ide : Apa yang saya bisa lakukan untuk orang lain agar mereka mendapatkan manfaat dari saya??. Anda juga harus berpikir dan memasang target untuk membantu orang lain sebanyak-banyaknya.

Bantuan apa saja yang bisa anda berikan kepada orang lain??

Jika anda termasuk orang yang sudah memiliki harta, anda bisa membantu orang lain dengan membagikan sebagian harta yang telah anda peroleh, berikan santunan kepada anak yatim, janda tua, dan kaum dhuafa. Anda pikirkan juga bagaimana agar anda bisa membantu keluarga mulai dari istri, anak, orang tua bahkan kakak adik dan keponakan anda. Jika saat ini anda belum bisa membantu dengan berbagi, maka anda harus merencanakan dan bertekad untuk bisa membantu mereka di waktu mendatang. Keinginan anda untuk membantu orang lain akan mendorong anda bekerja dan berusaha mendapatkan uang, keinginan anda untuk membantu orang lain akan menjadi sebab bagi Tuhan untuk memudahkan jalan bagi anda, dan semua tindakan anda untuk dapat membantu mereka akan menjadi sebab bagi Tuhan untuk membantu anda seperti yang tersebut dalam hadits yang saya jelaskan di atas.

Anda juga bisa membantu orang lain dengan tenaga anda, jadilah orang yang ringan tangan membantu orang lain, jangan pelit untuk membantu orang lain dengan tenaga anda. Jika ada seorang pemulung / pedagang yang keberatan mendorong gerobaknya dan anda bisa membantu mendorongnya, maka bantulah dia dengan mendorongnya. Jika ada tetangga yang kesulitan memasang lampu, atau menghidupkan mobilnya dan anda berkesempatan utnuk membantunya maka bantulah dia. Jika teman sekantor anda kebanyakan tugas dan anda mempunyai kesemptan untuk membantunya maka bantulah dia. Jika tetangga anda sakit dan anda bisa membantu untuk mengantarkannya ke dokter atau rumah sakit maka bantulah dia. Apa saja yang bisa anda lakukan untuk membantu orang lain dengan tenaga anda, maka bantulah dia.

Jika anda menjadi orang yang memiliki ilmu atau keahlian tertentu, maka bantulah orang lain dengan ilmu dan keahlian anda. Jika ada teman anda yang tidak bisa membaca dan anda dapat membantunya belajar membaca maka bantulah dia belajar membaca. Jika anda memiliki kemampuan berbahasa asing dan ada teman, tetangga atau sahabat anda yang belum mampu berbahasa asing maka bantulah dia untuk belajar bahsa asing. Jika anda memiliki keahlian di bidang matematika dan ada anak teman/ tetangga anda yang kesulitan belajar matematika maka bantulah dia untuk belajar matematka. Apa saja yang anda bisa lakukan untuk membantu orang lain belajar sesuatu maka bantulah dia.

Mulai hari berpikirlah untuk membantu orang lain. Mulai saat ini, bertindaklah untuk membantu orang lain. Mulai detik ini bantulah sebanyak mungkin orang yang ada di sekitar anda. Jika anda telah membantu orang lain PASTI Tuhan akan membantu anda, rezeki anda akan datang melalui orang-orang yang ada di sekitar anda. Uang akan dating kepada anda melalui orang-orang yang telah mendapatkan bantuan dari anda.

 


[1] Lihat QS 9:128.

[2] Lihat Hadits Sohih Ibnu Hibban no 534   صحيح ابن حبان - محققا (2/ 293)     وَاللَّهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كان العبد في عون أخيه"




©2010 STIU Dirasat Al Hikmah
Jl. Bangka III A No.25 Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Indonesia