ustads

KECERDASAN FINACIAL
Oleh  : H. M. Sofwan Jauhari  M.Ag.
Dosen STIU Dirosat Islamiyah Al-Hikmah Jakarta



4 CARA MEMBELI RUMAH TANPA DP

4  CARA MEMBELI RUMAH  TANPA DP [1].

 

Belakangan ini sedang marak perdebatan mengenai  Kredit Pemilikan Rumah (KPR)  dengan DP 0%. Hal ini terkait dengan janji salah satu pasangan calon gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2017, yang menuurt quickcount akan tampil sebagai gubernur baru DKI Jakarta. Saya pribadi bukan penduduk Jakarta, yang hampir tidak mungkin mendapatkan fasilitas itu, maka bagi saya pribadi janji paslon itu tidak terlalu penting bagi saya, apalagi –Alhamdulillah- saya sudah memiliki rumah tinggal di luar DKI dan beberapa properti yang lain di DKI, sehingga bagi diri saya pribadi,  janji paslon gubernur itu ada atau tidak ada,  tidaklah penting bagi saya, tetapi tulisan ini penting bagi saya dan bagi anda yang membaca. Kalau tulisan ini tidak penting, anda tidak akan mau membacanya.

Read more...

WAKAF SEBAGAI BAGIAN DARI TOLOK UKUR DAN GOALS KESUKSESAN FINANSIAL ANDA.

wakaf

WAKAF  SEBAGAI BAGIAN DARI TOLOK UKUR

DAN GOALS  KESUKSESAN FINANSIAL ANDA.

Oleh : HM Sofwan Jauhari Lc, M.Ag.

 

Selain Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) di dalam agama Islam dikenal beberapa bentuk charity yang lain seperti hibah, wasiat dan wakaf. Tulisan pendek ini akan menjelaskan mengenai arti, urgensi dan landasan hukum tentang wakaf.  Secara garis besarnya, semua bentuk kebaikan disebut sodakoh, baik yang anda lakukan dengan fisik maupun harta anda, termasuk senyum dan menolong orang lain. Adapun  sodakoh yang berbentuk harta benda disebut infaq, infaq ada yang wajib misalnya zakat dan ada yang tidak wajib misalnya adalah wakaf.

Wakaf merupakan bagian dari sodakoh dan infaq tetapi memiliki ketentuan khusus.  Wakaf dalam bahasa arab disebut waqof yang secara bahasa berarti berhenti. Misalnya ketika anda membaca Al-quran anda waqof di akhir ayat, artinya berhenti di akhir ayat.  Sedangkan dalam istilah fiqh waqof atau wakaf  adalah menyerahkan harta benda untuk suatu kebaikan,  di mana pokoknya tidak boleh dihabiskan, manfaat harta itu digunakan untuk suatu kebaikan sesuai yang disebutkan dalam ikrar wakaf yang diucapkan oleh waqif (pihak yang berwakaf). Karena pokok yang anda sedekahkan itu tidak boleh dihabiskan maka pahala yang anda dapatkan akan terus mengalir selama sesuatu yang anda sedekahkan itu masih digunakan untuk suatu kebaikan.

Dalam arti lain, harta yang diberikan itu “dihentikan”, yakni tidak boleh digunakan kecuali sesuai keinginan waqif. Harta yang diwakafkan juga “berhenti” dalam arti tidak boleh dihabiskan, karena yang dimanfaatkan adalah “gain” –nya.  Dengan cara ini maka waqif akan mendapatkan pahala yang kontinyu atau terus menerus selama harta itu masih dikelola dengan baik oleh pihak pengelola wakaf yang disebut nadzir.

Read more...

MENJAUHI TINDAKAN: AT-TAKAATSUR, BAKHIL DAN TABDZIR

MENJAUHI TINDAKAN: AT-TAKAATSUR, BAKHIL DAN TABDZIR

 

Sebanyak apapun penghasilan seseorang, jika tidak dikelola secara baik maka dia akan selalu merasa kekurangan, sehingga yang muncul dalam dirinya adalah “AT-TAKAATSUR” berlomba-lomba memperbanyak harta dan kekayaan yang bisa menjadikan seseorang melalaikan Tuhan, tidak peduli halal-haram dan malas beribadah karena lupa kepada Allah swt sebagai Dzat yang telah memberikan harta kepadanya. Sikap tercela yang demikian inilah yang diingatkan oleh Allah swt dalam Al-Quran Surat ke 102: 1-8.

Sebagaimana Islam melarang sikap AT-TAKAATSUR, maka Islam juga melarang seseorang bersifat boros dan bakhil (pelit/kikir) dalam membelanjakan atau menggunakan harta kekayaannya. Bakhil dalam istilah agama Islam berarti tidak mau membayarkan sesuatu yang menjadi kewajibannya[1], seperti tidak membayar zakat, tidak membayar hutang, tidak memberikan nafkah kepada anak, istri dan orangtua atau tidak mau menjalankan ibadah haji karena sayang dengan uangnya. Diceritakan bahwa nabi Yahya a.s pernah berdialog dengan Iblis. Beliau bertanya kepada Iblis, siapakah manusia yang paling Iblis cintai dan siapakah manusia yang paling Iblis benci?. Maka Iblis menjawab bahwa manusia yang paling ia sukai adalah orang mu’min yang bakhil, yakni orang beriman tetapi tidak mau membayar hal-hal yang menjadi kewajibannya. Dan Iblis juga menjelaskan bahwa orang yang paling ia sukai adalah orang fasik yang dermawan[2].

Read more...

08. MINTA TAPI BUKAN MINTA-MINTA.

08. MINTA TAPI BUKAN MINTA-MINTA.

Serial : “Rahasia Gampang Mencari Uang”. 08

Dalam suatu seminar saya mengatakan kepada para audiens agar mereka berani untuk meminta, mengajukan permohonan ataupun negosiasi kepada mitra bisnis. Contohnya adalah iuran tahunan kartu kredit. Jika anda memiliki kartu kredit yang diterbitkan oleh suatu bank, maka bank akan meminta kepada anda untuk mmembayar iuran tahunan yang besarnya bervariasi, biasanya sekitar Rp 300.000 - 700.000/tahun. Bayangkan jika anda memiliki 5 kartu kredit berapa yang harus anda bayarkan kepada bank?. Maka saya mengajak mereka untuk memberanikan diri meminta kepada bank agar dibebaskan dari iuran tahunan. Banyak diantara peserta seminar yang kurang atau bahkan tidak percaya bahwa permintaan seperti ini akan diterima, padahal saya telah memiliki lebih dari 5 kartu kredit dan saya selalu minta agar dibebaskan dari iuran tahunan, dan ternyata semuanya menerima permintaan saya.

Read more...

07. MENIKAHLAH ……..

07. MENIKAHLAH ……..

Serial : “Rahasia Gampang Mencari Uang”. 07

 

Tidak ada jejaka yang kaya raya. Ini adalah salah satu ungkapan tetangga saya yang pernah saya dengar ketika saya masih remaja. Karena ungkapan itu bukan hadits ataupun ayat Al-Quran, maka ungkapan ini mengandung kemungkinan benar atau salah. Saya pribadi berpendapat bahwa meskipun ungkapa ini tidak 100% benar    - karena kenyataannya ada anak-anak kecil dan remaja yang kaya karena mendapat warisan- tetapi ungkapan ini mengisyaratkan bahwa kebanyakan jejaka yang belum menikah itu susah untuk menjadi kaya.

Read more...

06.BAHAGIAKAN IBU DAN AYAH,

06.BAHAGIAKAN IBU DAN AYAH,

DOA & KERELAANNYA AKAN MEMUDAHKAN REZEKI ANDA.

Serial : “Rahasia Gampang Mencari Uang”. 06

 

Ayah dan ibu adalah orang yang paling berjasa bagi kelahiran dan kehidupan anda di dunia. Tak ada seorang manusia yang terlahir dan berada di dunia ini tanpa jerih payah dan jasa orangtua (kecual nabi Adam as). Siapapun orang tua yang telah menjadi sebab kelahiran anda di dunia ini, dari suku,bangsa dan negara mana beliau lahir dan dibesarkan, agama apapun yang dianutnya, ayah dan ibu adalah dua sosok manusia yang wajib kita muliakan. Semua perbedaan tidak boleh menjadikan anda merendahkan keduanya, apalagi hanya karena kondisi fisik dan ekonominya, separah apapun kondisi ayah dan ibu kita, kita wajib menghormati, memuliakan dan berusaha untuk membahagiakan mereka. Berbakti kepada kedua orang tua adalah kewajiban setiap ummat beragama, terlebih dalam agama Islam.

Read more...

05. PERCAYALAH BAHWA UANG ITU AKAN DATANG KEPADA ANDA

05. PERCAYALAH BAHWA

UANG ITU AKAN DATANG KEPADA ANDA

Serial : “Rahasia Gampang Mencari Uang”. 05

Diantara hal yang bisa menjadikan diri anda menjadi money magnet adalah bahwa anda harus percaya. Yang paling pertama Anda harus percayai adalah bahwa Tuhan itu ada, percaya bahwa Tuhan Maha Kaya dan Tuhan Maha Memberi. Selain itu anda juga wajib percaya bahwa Tuhan tidak pernah menginginkan hamba-Nya sengsara dan menderita. Tuhan tidak menginginkan kita hidup menderita. Percayalah bahwa Tuhan ingin agar kita bahagia. Tuhan telah mengajarkan kepada kita bagaimana

Read more...

04. BANTULAH ORANG LAIN, UANG AKAN DATANG KEPADA ANDA.

04. BANTULAH ORANG LAIN, UANG AKAN DATANG KEPADA ANDA.

Serial : “Rahasia Gampang Mencari Uang”. 04.

Rezeki anda adalah semua hal yang bermanafaat bagi anda. Rezeki bukan hanya uang atau harta benda saja, tetapi segala sesuatu yang membawa manfaat bagi diri anda. Jika uang yang anda miliki menjadikan diri hidup tenang, bermanfaat bagi orang lain dan mendapatkan banyak pahala di sisi Allah maka uang itu adalah rezeki bagi anda, tetapi jika uang yang anda miliki menjadikan diri anda bingung, merasa tidak aman, tertekan, stress dan terancam, serta menjadikan diri anda dirampok, dibunuh atau sebab kebinasaan diri anda, maka uang tersebut bukanlah rezeki bagi anda.

Jika anda memiliki seorang kekasih, ketika anda mendapatkan kiriman, bingkisan atau hadiah berupa makanan darinya boleh jadi itu akan anda anggap sebagai suatu kenikmatan, tapi apalah artinya jika anda mendapat kiriman tersebut tetapi anda tidak pernah diijinkan untuk berada di dekat sang kekasih? Mana yang lebih nikmat menurut anda, diijinkan duduk di dekat kekasih, memandangnya, memegangnya dan melakukan apa saja dengan kekasih walaupun tidak diberi bingkisan ataukah mendapatkan bingkisan tetapi tidak boleh melihat, mendekat apalagi memegang dan merabanya. Hadiah terindah dari seorang kekasih adalah mana kala kita halal/ dijinkan melakukan apa saja dengan kekasih kita. Apalagi...

Read more...




©2010 STIU Dirasat Al Hikmah
Jl. Bangka III A No.25 Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Indonesia